TINDAK LANJUT RENCANA KERJASAMA APRI, tekMIRA, DAN ESDM Prov. JABAR

Tanggal 14 Agustus 2018, hadir tiga pihak yaitu dari APRI, ESDM Provinsi Jawa Barat, dan tekMIRA sebagai tuan rumah kembali mengerucutkan rencana Kerjasama untuk bersama-sama mewujudkan tambang rakyat yang legal, aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Pembahasan point demi point dalam Perjanjian Kerjasama yang ditargetkan bisa ditandatangani akhir Agustus berlangsung penuh semangat. Secara keseluruhan isi dari dokumen kerjasama sudah hampir final, tinggal menunggu dari pihak ESDM Provinsi Jawa Barat yang harus dikoordinasikan dengan bapak Kabid, yang kebetulan berhalangan hadir karena meeting lain di luar kota yang tidak bisa ditinggal.

Salah satu informasi baru yang dijelaskan oleh pihak ESDM Provinsi Jawa Barat, bahwa saat ini untuk urusan pertambangan di Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur ditangani oleh Cabang Dinas ESDM yang ada di Cianjur. Jadi untuk selanjutnya dimohon untuk kegiatan ini akan intensif berkoordinasi dengan kantor Cabang Dinas ESDM Cianjur.

Yang sangat menarik dari kerjasama ini adalah adanya penanganan tambang rakyat secara komprehensif dan terintegrasi. Dimulai dari aspek membangun kelembagaan penambang rakyat; aspek formasisasi mulai dari WPR, IPR, sampai dengan ijin pengolahan; aspek penambangan yang aman; aspek pengolahan ramah lingkungan; aspek keberlanjutan; dan tentunya aspek penanganan paska tambangnya.

Mohon doa restu segenap anggota dan pengurus APRI agar implementasi kerjasama ini segera bisa diwujudkan di wilayah DPC APRI Sukabumi. Dengan terbangunnya sebuah percontohan yang lengkap, diharapkan dapat menjadi referensi semua penambang di daerah lain di seluruh Indonesia.

Salam Tambang!!!

Leave a Reply