TINDAK LANJUT KERJASAMA APRI, tekMIRA, DAN ESDM Prov. JABAR

Survey pendahuluan dihadiri dari DPP APRI, DPC APRI Sukabumi, Dinas ESDM Kab. Sukabumi dan Pelaku Tambang +/_ 40 org.
Observasi dilakukan pada 3 lokasi blok WPR disertai dengan mengambil sampel ore dan tailing sebanyak 5 karung.
Lokasi yang paling ideal untuk lokasi percontohan berada di dusun Pesawahan desa Kertajaya.  Lokasi tersebut dianggap paling cocok untuk custom plan pengolahan karena berada ditengah diantara blok2 WPR dan mudah untuk diakses. Sangat dekat dari Jalan Raya.

Masyarakat sangat antusias dengan rencana ini dan siap mendukung semua proses sampai mendapatkan IPR. Menurut informasi dari wawancara dengan para penambang, rata-rata kedalam lubang adalah 20 meter vertikal.  Setelah mendapatkan urat emas/vein, biasanya penambang melakukan penambangan secara horizontal mengikuti arah urat. Di bagian-bagian lubang yang kurang stabil atau dirasa kurang kuat akan dipasang stek kayu untuk keselamatan. Proses pengolahan yang dilakukan oleh masyarakat di Sukabumi rata-rata menggunakan metode sianidasi dan amalgamasi. Menurut pengamatan para ahli dari tekMIRA, recovery masih rendah.

Sampel yang dibawa akan dilakukan pengujian di tekMIRA, baik ore maupun tailingnya. Dengan uji laboratorium ini, tekMIRA dan DPP APRI akan menentukan sistem pengolahan yang paling optimal untuk mendapatkan recovery yang maksimal (> 90%).  Pemilihan teknologi dan peralatan yang akan digunakan mutlak harus bebas merkuri dan ramah lingkungan.  Selain itu, APRI akan terus mendorong program pemanfaatan tailing sisa pengolahan emas untuk bahan bangunan murah yang nantinya akan bisa digunakan untuk perbaikan jalan-jalan lingkungan, perumahan, gorong-gorong, dan fasilitas umum komunitas lainnya.

Direncanakan setelah 17 Agustus 2018, hari Kemerdekaan RI akan dilakukan pertemuan kembali di Bandung untuk membahas rencana follow up dan finalisasi MoU antara DPP APRI, tekMIRA, dan ESDM Prov. Jabar.  Mohon doa restu seluruh anggota dan pengurus APRI se Indonesia agar rencana ini lancar dan mampu segera meningkatkan kesejahteraan penambang rakyat Indonesia.

Salam tambang!!!

Leave a Reply