MENINGKATKAN NILAI PRODUK TAMBANG EMAS RAKYAT

Siapa perempuan yang tidak tertarik dengan ini?

Inilah contoh produk perhiasan yang memanfaatkan bentuk alami (natural).  Memang diperlukan designer yang kreatif, artistik, dan memahami metalurgi, sehingga bisa dihasilkan produk yang indah dan kuat (aman) dan nyaman untuk dikenakan.

Melihat produk seperti ini, ada berapa banyak usaha rakyat yang bisa dibangun di Kalimantan, di Irian, di Maluku Utara, di Sulawesi, di Sumatera?  DPP APRI siap mengadakan pelatihan ke kelompok-kelompok penambang rakyat (CRM) yang ada di pelosok-pelosok negeri ini.  Kita sedang menunggu sinergi dengan pemerintah, agar pengembangan ekonomi rakyat dan desa ini dapat dilakukan dengan konsep yang baik dan ter-integrasi.

APRI sedang menyiapkan konsep Sertifikasi Produk CRM, sehingga setiap produk yang dihasilkan oleh CRM memiliki standar pengelolaan yang legal, aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.  Banyangkan bila konsumen yang ada di Eropa atau Amerika kurang percaya dengan standart produk ini kita persilahkan untuk mengecek ke tempat produksinya?  Apa yang terjadi?

Yang terjadi adalah kunjungan Wisata dari luar negeri, dari orang-orang kaya penikmat perhiasan emas natural dari CRM APRI di pelosok-pelosok negeri ini.  Dan ketika mereka merasa takjub dan puas, mereka akan mempromosikan ke teman-temannya semua.

Dapat dibayangkan, ada berapa banyak multiply efek ekonomi bila ini sudah berjalan. Mungkin akan lahir berbagai travel biro wisat tambang emas rakyat Indonesia.  Ada banyak lapangan kerja yang muncul?  Ada kebutuhan guide, sarana transportasi, perhotelan, restoran, souvenir, dst.  Kalau dirincikan, setidaknya 2 juta lapangan kerja akan bisa tercipta dari program ini.  Berapa omzet ekonomi yang bisa dihasilkan?

Jangan pernah meremehkan dan tidak menganggap penting kegiatan pertambangan emas rakyat Indonesia.

Salam Tambang!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *