Ketua APRI Papua Pertanyakan 4% Saham Freeport Bagi Masyarakat?

Soal pembagian saham Freeport untuk Papua mendapat 10%. Dan dari 10% itu, dibagi menjadi tiga bagian. Pertama 3% untuk pemerintah provinsi papua. Kedua 3% untuk pemerintah kabupaten mimika. Dan ketiga 4% untuk masyarakat hak pemilik ulayat yakni, kamoro dan amume”, kata Ketua Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Provinsi Papua, Litinus N. Agabal, Senin 1 Februari 2019 di Jayapura.

Pembagian 4% saham Freeport untuk masyarakat pemilik hak ulayat itu, menurut Litinus pada saat penandatangganannya tidak melibatkan masyarakat. Mengapa? karena masyarakat tak ikut disertakan dalam penandaan pembagian saham Freeport itu.

“Empat prosen (4%) saham Freeport untuk masyarakat Kamoro dan Amume hanya nama. Masyarakat tak miliki 4% itu, Ujar Litinus.

Untuk itu, Ketua APRI Papua meminta agar Pemkab Mimika segera merangkul dan berkordinasi dengan Forum Pemilik Hak Sulung Stinga Waa Arwanop ( FPHS-STINGWAROP) di Mimika untuk membicarakan kembali pembagian 4% yang telah salah dilakukan oleh Pemkab Mimika itu.

Kepada Pemda Papua, Litinus memesan melalui Bapak Gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal untuk turut peduli kepada masyarakat kamoro dan amume dengan membuat PERDASUS atau Peraturan Gubernur soal 4% Saham Freeport bagi pemilik hak ulayat masyarakat komoro dan amume.Pungkasnya. (Richard Mayor/a6)

Sumber: http://kabar5.id/2019/02/01/ketua-apri-papua-pertanyakan-4-saham-freeport-bagi-masyarakat/

2 Comments

  1. Aw, this was a really nice post. Taking the time and actual effort to produce a great
    article… but what can I say… I put things off a lot and
    never seem to get nearly anything done. https://bahastopikgosip2.blogspot.com/

  2. Aw, this was a really nice post. Taking the time and actual effort to produce a great article… but what can I say… I put things off a lot and never seem
    to get nearly anything done. https://bahastopikgosip2.blogspot.com/

Leave a Reply