Kerjasama APRI dan Universitas Cendana

Penandatangan Kerjasama Pengembangan Tambang Rakyat antara APRI dan Universitas Cendana di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Saya senang sekali dengan sikap tegas Rektor Undana yang menyatakan bahwa Universitas harus jelas keberpihakannya.  Bersikap netral itu samadengan berpihak pada yang kuat atau si penindas.  Karena dengan membiarkan masyarakat yang lemah ditindas, sama dengan berpihak pada si penindas.  Dengan dasa itulah Undana sama sekali tidak ada keraguan untuk terlibat membantu perjuangan tambang rakyat, demi meningkatkan profesionalisme tambang rakyat yang legal, aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Pihak Undana sangat terbuka untuk bekerjasama dengan APRI mulai dari pengembangan komunitas penambang rakyat (CRM), pengembangan tehnik tambang, pengembangan pengelolaan pasca tambang, juga termasuk pengembangan masyarakat tambang dan sekitarnya.  Dan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan secara bersama dengan APRI antara lain:

  1. Semiloka di Kupang dengan thema: Menggagas Penambangan Rakyat Selaras Alam
  2. Beberapa riset dampak sosial dan lingkungan pada pertambangan Mangan rakyat di Kupang dan Timor Tengah Selatan.
  3. Penyelenggaraan Community Forum para penambang rakyat, yang merupakan ajang berbagai antar komunitas penambang di Nusa Tenggara Timur.

Kedepan masih akan terus digagas berbagai kerjasama untuk mengembangkan tambang rakyat agar masyarakat menjadi lebih sejahtera dengan lingkungan tetap terjaga.

Karena banyaknya sumberdaya mineral yang dianugerahkan Tuhan kepada masyarakat NTT, maka pengelolaan yang bertanggungjawab menjadi prasyarat.  Kedepan diharapkan tidak ada lagi warga miskin di NTT yang terpaksa menjadi TKW/TKI yang harus berjuang di luar negeri dengan menghadapi berbagai penderitaan.

Beberapa spot lokasi pertambangan rakyat telah diwujudkan bahwa dengan pertambangan rakyat yang terencana, maka kegiatan paska tambang bisa menjadikan lahan bekas tambang sebagai lahan pertanian yang sangat baik.

Dimasa depan diharapkan semakin banyak mahasiswa dari Undana yang semakin menyadari potensi tambang rakyat sebagai sektor ekonomi yang sangat signifikan dalam memberikan kontribusi ekonomi suatu daerah.  Tidak perlu lagi pusing melamar kerja di perusahaan-perusahaan besar, tetapi justru timbul inisiatif untuk mengoptimalkan kekayaan alam di wilayah sendiri secara bertanggungjawab.  Karena tambang rakyat bukan hanya sanggup mengentaskan kemiskinanan, tetapi bisa menjadikan mereka sejahtera.

Gatsu

4 Comments

  1. apa saja kerjasama yang di tawarkan??

  2. selain kerjasama dengan APRI univ. Cendana bekerja sama dengan apa saja?

Leave a Reply