INISIASI KERJASAMA APRI DENGAN PUSLITBANG tekMIRA

Sejak tahun 2016, pengurus DPP dan DPW Jawa Barat, maupun DPC APRI Sukabumi sudah beberapa kali berkunjung ke Puslitbang tekMIRA di Jalan Sudirman, Bandung untuk berdiskusi dengan beberapa staf di sana. Klimaknya pada tanggal 23 Juli 2018 di kantor ESDM Provinsi Jawa Barat terjadi pertemuan yang mengarah untuk dibuatnya kerjasama teknis antara APRI dan tekMIRA yang didukung dan difasilitasi oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat.

Dilanjutkan pada tanggal 1 Agustus 2018, bertempat di kantor pusat Puslitbang tekMIRA di Jalan Sudirman, Bandung, APRI dan tekMIRA melakukan pembicaraan yang lebih mengerucut untuk langkah penandatanganan Nota Kerjasama. Selain itu, untuk mengimplementasikan kerjasama ini akan dipilih satu lokasi tambang rakyat di Sukabumi yang terletak di dalam Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). Untuk itu direncanakan tanggal 9 Agustus akan dilaksanakan kunjungan lapangan ke Sukabumi bersama-sama.

Untuk mempersiapkan kunjungan tersebut, DPC APRI Sukabumi akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas ESDM Kabupaten Sukabumi dan telah membahas bersama dengan beberapa koperasi penambang rakyat yang merupakan CRM DPC APRI Sukabumi. CRM adalah collective responsible mining atau kelompok usaha tambang yang bertanggungjawab. Selain itu DPC APRI Sukabumi juga akan menyiapkan sample batu urat (ore) dan lumpur limbah hasil pengolahan tradisional yang akan diuji di tekMIRA, sehingga peralatan pengolahan emas ramah lingkungan yang akan dipasang di Sukabumi sesuai dengan jenis dan karakter batuan yang ada di Sukabumi.

Mohon dukungan dan partisipasi dari semua penambang di Sukabumi dan doa dari seluruh penambang rakyat di Indonesia, agar program yang akan dilaksanakan di Sukabumi ini berhasil dan bisa segera direplikasi di seluruh Indonesia.

Salam Tambang

GTS_Ketum APRI

One thought on “INISIASI KERJASAMA APRI DENGAN PUSLITBANG tekMIRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *