Ini Konsep Yang Ditawarkan John Gobai Guna Pengembangan Pangan Lokal Papua

20 September, 2018 23:16

Pengembangan pangan lokal Papua hingga saat ini belum dilakukan secara baik oleh pemerintah guna memenui kebutuhan pangan di daerah, serta memberikan kesempatan dalam pengembangan pangan lokal dan akses modal, demi terwujudnya masyarakat yang mandiri akan pangannya. Hal tersebut tergambar dalam pembicaraan dengan mama-mama Papua.

Pengembangan pangan lokal tersebut bisa diupayakan melalui Peraturan Daerah Provinsi (PERDASI) tentang perlindungan dan pengembangan pangan lokal dan pedagang masyarakat adat Papua.

Selain itu, pedagang asli Papua juga memerlukan kemitraan usaha jika pengembangan pangan lokal belum berjalan dengan baik. Sehingga para petani dan nelayan sebagai produsen pangan lokal bisa mendapatkan dukungan kemitraan dari BUMD, BUMN, Badan Usaha Masyarakat Adat maupun pihak swasta lainnya.

Kemitraan usaha yang dimaksudkan adalah dalam rangka menampung hasil pangan lokal dan juga pangan olahan yang akan dijual agar petani tidak lagi harus berpikir kemana akan menjual hasil pangan lokal yang mereka produksi.

Hal ini menurut saya bisa dilakukan dengan pemerintah melalui adanya penetapan BUMD atau dengan Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP), sehingga memungkinkan pangan lokal dapat dibeli,

Pasar dalam hal ini bukan berarti bangunan dalam bentuk fisik tetapi pasar yang dimana ada pihak yang siap membeli menampung pangan lokal dan pangan olahan, sehingga petani dan pedagang tidak berlama-lama duduk dipasar atau berjualan dipinggir jalan.

Selain itu untuk mendukung hal ini, dibutuhkan juga gudang penampungan pangan lokal, sehingga hasil pangan lokal maupun olahannya bisa disimpan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni strategi pengembangan pangan lokal sehingga menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Untuk itu dibutuhkan pendidikan dan pelatihan bagi para petani, nelayan maupun mama-mama Papua sehingga produk yang mereka hasilkan bervariasi, seperti keripik, kue dan lain sebagainya.

Menurut saya diperlukan juga kepastian usaha oleh pemerintah dengan membatasi adanya beras miskin, sawit dan lain sebagainya, serta perlu adanya penetapan harga pangan lokal yang dibeli oleh BUMD atau SOLPAP dan harganya menguntungkan masyarakat.

Pemerintah khususnya di Papua juga perlu mengatur penjualan pangan lokal yang hanya bisa dilakukan oleh OAP sehingga pangan lokal seperti ubi, sagu, keladi, pinang, hasil perkebunan dan sebagainya, hanya dipasarkan oleh OAP dan bukan pedagang non OAP, dan tidak memperbolehkan adanya pedagang keliling.

*Penulis, John Gobai (Anggota DPRP)

Sumber: http://www.nabire.net/ini-konsep-yang-ditawarkan-john-gobai-guna-pengembangan-pangan-lokal-papua/

One thought on “Ini Konsep Yang Ditawarkan John Gobai Guna Pengembangan Pangan Lokal Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *