Diskusi Program Lanjutan Pengembangan Tambangrakyat Untuk NTT

Bersama Wakil Rektor IV Universitas Nusa Cendana, Bapak  Ir. I Wayan Mundita, M.Sc., Ph.D. di Resto Taman Koleksi – Bogor.

Kerjasama antara APRI dengan Universitas Nusa Cendana telah ditandangani pada tanggal 31 Juli 2015 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.  Kerjasama ini tidak lepas dari adanya kegiatan terdahulu, yaitu Project Government Partnerships for Development (GPFD) yang melibatkan pemerintah Australia, pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur, pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara, Universitas Nusa Cendana, Universitas Haluoleo, dan APRI yang berakhir tahun 2016.

Kerjasama APRI dan Undana diharapkan bisa menjadi tindak lanjut setelah proyek GPFD berakhir.  Untuk itu APRI dan Undana sedang merencanakan beberapa kegiatan, baik berupa diskusi, penelitian, pelatihan, ataupun membangun percontohan kegiatan pertambangan rakyat yang legal, aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.  Kami menyadari tentu tidak mudah dan akan banyak sekali tantangan, tetapi harus dilakukan demi membangun kemandirian provinsi Nusa Tenggara Timur, baik dari segi ekonomi, pangan, energi, dan juta pariwisata.

Pertambangan rakyat harus dapat menjadi triger dan pondasi dari pembangunan yang kuat untuk bidang-bidang lainnya.  Karena pertambangan rakyat memerlukan luas lahan paling kecil, tetapi mampu menyerap atau membuka lapangan kerja paling banyak dengan penghasilan yang paling baik dibanding matapencaharian lainnya.  Memang tidak akan mudah kalau perdebatan soal pertambangan rakyat hanya dalam tataran diskusi atau wacana.  Semua pihak harus dihadapkan pada contoh, realita, dan fakta.  Untuk itulah sangat penting adanya lokasi percontohan yang bisa merepresentasi manfaat dan dampak dari kegiatan pertambangan rakyat yang legal.

APRI sangat antusias bekerjasama dengan universitas karena biasanya orang-orang akademisi selalu memiliki idialisme untuk menolong rakyat yang masih miskin dan tertindas.  Selain itu orang-orang akademisi selalu berbicara, berpendapat, dan memiliki rencana berdasarkan data dan hasil riset.

APRI terus membangun kerjasama juga dengan unversitas-universitas lainnya di Indonesia dan di dunia, juga lembaga-lembaga riset lainnya, demi pengembangan yang lebih baik kondisi tambangrakyat Indonesia.

Salam Tambang!!!

GTS-Ketum APRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *