APRI Siap Bantu Tingkatkan PAD

FOTO BERSAMA: Ketua Umum APRI Pusat Gatot Sugiharto bersama Ketua DPW APRI Jawa Barat H Oom Supriatna berikut jajaran berfoto bersama selepas mengadakan pertemuan.

SUMEDANG – Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) se-Jawa Barat, baru saja mengadakan pertemuan di kediaman Ketua DPW Jawa Barat H Oom Supriatna yang berada di Kecamatan Cisitu. Pertemuan yang dihadiri Ketua Umum APRI Pusat Gatot Sugiharto tersebut, dihadiri sekitar 27 DPC APRI se-Jawa Barat.

Gatot menjelaskan, APRI yang sudah berdiri sejak 24 Agustus 2014 di Yogyakarta, bertujuan untuk memperjuangkan para penambang rakyat.

“Sampai 2014 itu tidak ada orang yang memperjuangkan para penambang rakyat. Makanya ada APRI. Dan dalam perkembangannya saat ini, APRI sudah ada di seluruh indonesia. Bahkan sudah ada dan tersebar di 400 kabupaten/kota,” ujarnya, Minggu (10/12).

Sementara itu, menurut Gatot, Kabupaten Sumedang memiliki potensi pertambangan yang melimpah. Dia meyakini, jika pengelolaan pemerintah terhadap pertambangan dilakukan secara baik, akan dapat mensejahterakan masyarakat Sumedang.

“Bisa dilihat mulai dari tanah, batu pasir dan lain-lain. Kalau diurus dengan baik oleh penambang, itu sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat. Bahkan bagi kami, harusnya tidak ada rakyat Sumedang yang miskin kalau sektor penambangan dikelola dengan baik,” terangnya.

Gatot mengemukakan, alasan pertambangan tidak bisa berjalan teratur dikarenakan sulit dalam hal perizinan. Seharusnya, diperlukan keseragaman aturan dalam mengurus izin. Bahkan idealnya penambang harus bisa diajak bicara dalam membuat aturan tersebut.

“Dengan adanya APRI, kami berharap pemerintah justru memiliki patner dalam pengelolaan pertambangan. Karena ada hal yang paling penting dan harus diperhatikan oleh pemerintah. Di antaranya berbagai dampak positif dengan adanya pertambangan bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Adapun dampak positif yang dapat diraih pemerintah di antaranya pengurangan jumlah pengangguran. Pertambangan juga dapat memberikan PAD yang cukup besar.

“Kalau pemda mau bekerja sama dengan kami, APRI bisa tingkatkan PAD sampai 20 persen dan itu baru dari galian C. Kami juga siap membantu menjamin untuk melakukan reklamasi. Tidak usah dilakukan oleh pemerintah, kami siap asalkan tidak ada pungutan-pungutan liar dilapangan. Karena kalau dikumpulkan, itu bisa dijadikan bibit pohon,” tuturnya menambahkan.

Di tempat sama, Ketua DPW APRI Jawa Barat H Oom Supriatna menyebutkan, dirinya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Sumedang untuk menjalin kerjasama dalam pengelolaan pertambangan di Sumedang.

“Kami akan coba untuk jalin kerjasama dengan pemerintah. Karena memang untuk memajukan Sumedang salah satunya bisa dari sektor pertambangan. Oleh karena itu sinergitas antara kami dengan pemda itu harus terjalin baik,” tandasnya. (bay)

Sumber: https://www.sumedangekspres.com/apri-siap-bantu-tingkatkan-pad/

 

Leave a Reply